Selasa, Oktober 20, 2009

Nasi Goreng Spesial ALa Bapaknya Anak-anak

Nasi Goreng, dalam bahasa Jepangnya orang biasa menyebut yaki mesi atau bahasa chinanya cha han ... ya...saya kira semua orang sudah pernah makan nasi goreng. Nasi goreng terkenal di seluruh antero negeri Indonesia. Bahkan di luar negeripun nasi goreng indonesia sangatlah dikenal dan sangat familiar dengan Indonesia. Sejak saya tinggal di Jepang, lebih dari 4 tahun sudah berkali-kali saya diundang untuk membuat nasi goreng, entahlah sudah berapa puluh kali, saya memenuhi undangan tersebut. Pernah suatu kali saya diundang bikin nasi goreng untuk dimakan kurang lebih 100 orang, kalau tidak salah sekitar 15 kilo saya bikinnya. Waktu itu saya dibantu oleh 2 orang asisten, ya...lumayan pegel tangan ini... tapi pada ujungnya senang, karena semua nasi goreng habis tak bersisa, bahkan ada yang penasaran minta diajari bikin nasi goreng di rumah di lain hari. Ya, nasi goreng dikenal enak dan mudah membuatnya.


Untuk menu sehari-hari di rumah, biasanya nasi goreng cocok untuk sarapan pagi juga untuk menu makan malam keluarga kecil kami. Kalau di rumah yang biasa bikin nasi goreng suamiku. Rasanya lebih mantab, padahal bumbunya sama...ehehhee...mungkin ngaduknya kuat kali ya.

Bumbu yang biasa juga standar, cuma bawang putih di keprek/memarkan, tumis hingga wangi, masukkan nasi, tambahkan sedikit mrica dan sedikit butter/mentega, garam, kecap kalau suka dan terakhir tambahkan bawang goreng sebagai taburan. Bisa juga di tambahkan berbagai macam sayur, saya biasa pake buncis yang diiris serong tipis, sedikit wortel yang diiris tipis, telur goreng orak arik, dan dendeng sapi atau sesuai dengan selera.


1 komentar:

ello "maniak story" mengatakan...

Pengen makan nasi goreng nih!
Lam kenal! Visit me back!