Minggu, November 22, 2009

Detik-detik terakhir Event Soes Week


Sejak awal niat banget untuk ikut berpartisipasi dalam eventnya NCC, selain suami sudah sangat pingin banget makan soes (maklum disini banyak kue soes berseliweran, tapi sayang kita gak bisa konsumsi...) tapi ternyata waktuku kali ini benar2 padat. Bukan sok sibuk atau bagaimana, tapi emang lagi sibuk ngurusin diri sendiri sakit gigi dan harus bolak balik ke dokter gigi dan rumah sakit. Gigi geraham bungsuku 2 tumbuh bersamaan dan sempat bengkak selama 2 minggu dan akhirnya atas rujukan dokter gigi (Osiegawa sensei) saya harus ke Hospital Saga University dan alhasil si gigipun harus dicabut. Baru satu gigi rasanya sudah nikmat, padahal masih 3 kali lagi saya harus naik ke meja operasi, sekedar untuk operasi gigi. ehhehehe...jadi ngelantur... buka blog lagi ternyata event soes weeknya NCC sampe tanggal 22 saja, (seingatku sampe akhir bulan ekekkeke...sudah pikun...).
Jadilah kemaren nyempetin nyoba bikin soes. Alhamdulillah kali ini soes jadi dengan sukses, padahal sempat was was, soalnya saat masukin telur, anak sulungku ngaduk-aduk adonan sampe kocar kacir.
Akhirnya jadilah soes di musim dingin kali ini...

Soes isi Fla susu

Ini pertama kali saya bikin soes dilihatin sama ibu mertua (kebetulan beliau sedang di Saga untuk 3 bulan kedepan). Ada sedikit rasa grogi ekekkee...habis saya disini benar-benar otodidak, bisa bikin kue atau masak-masak hanya berbekal dari resep ibuku, resep NCC dan juga resep-resep yang bermunculan di internet.

Kulit soes siap pakai made in dapur safa

Resep diambil dari resepnya NCC.

Adonan kulit soes.

Bahan :
200 ml air
125 gr Margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu
4 btr telur

Cara membuat :

Masak air, mentega dan gula hingga mendidih. Kemudian masukkan terigu, aduk cepat hingga kalis dan dinginkan.

Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.

Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, semprotkan diatas loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.

Oven dengan suhu 200 derajat hingga matang

Karena anak-anak sudah tidak sabar untuk segera menyantapnya, saya pilih isi soes dengan fla yang sangat sederhana. pake fla Vanila, bikinnya gampang dan cepat.

Isi fla Vanilla

Bahan:
2 btr kuning telur (saya tidak pakai)
50 gr tepung Maizena
500 ml susu segar
75 gr gula pasir

Cara membuat:

Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu

Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan rata, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat, tunggu beberapa saat dan siap untuk diisikan ke dalam kulit fla.


Soes di detik detik terakhir event NCC soes week

Baru saja saya angkat kulit soes dari oven, bungsuku sudah ambil piring kecil, sambil bilang mama keki codai....(mama minta kuenya) . Disusul sama kakaknya dan wal hasil anak-anakku dalam sekejab habis 6 kulit soes dan fla nya masing-masing 1 cawan kecil.
Kemaren saya bikinnya 1 1/2 resep dan kini masih ada sekitar 20 kulit soes yang siap pakai.

ALhamdulillah kata ibu mertua enak, beliau seneng dengan kulit soes bikinanku. Kata beliau soes ini lebih enak dibanding soes bikinan tukang kue di tempat tinggal beliau...Lega....
Begitu suami pulang kampus, beliaupun juga langsung serbu soes yang telah aku siapkan.
Senengnya kalau semua senang..jadi semangat lagi untuk ke dapur, walaupun udara dingin (suhu selalu dibawah 8 derajat) telah menyelimuti kami sepanjang hari.


Tidak ada komentar: