Senin, November 29, 2010

DIk Rafif seneng banget lihat tumpeng kuning ini

Nasi kuning buatanku, sama ketimun dan mi goreng saja, lainnya ibu-ibu di Saga

Tumpeng Kuning lagi

Beberapa waktu lalu, sekitar tanggal 12 November, saat saya selesai kelas nihon go, di telpon suami, minta tolong tuk buatin nasi kuning buat acara open kampus untuk besuk harinya. Saya iyakan saja, toh cuma bikin nasi kuning thok, untuk tethek bengek perlengkapannya ibu-ibu yang lain. Namun saat itu di rumah bener-bener lagi krisis bahan, tidak ada persediaan beras dan juga santen. Kalau kunyit mah banyak, karena saya tanam, di belakang rumah. Selesai di telpon saya langsung ngacir berangkat belajar shodo. Malamnya hinga suami pulang masih belum ada bahan yang akan di masak untuk nasi tumpeng kuning itu, ya sudahlah berarti tidak jadi pikirku. Selesai ngaji OL mingguan, sekitar jam 1/2 10 datanglah teman yang mengantarkan beras 5 kg dan santen. Hah 5 kg....? kupikir cuma sedikit...byuh jadi kelabakan. Malam gak enak tidur juga, pertama kali bikin 5 kilo, dan jam 8 harus ngumpul di kampus katanya...? Biasanya sih bikin cuma paling banter 3 kg aja. AKhirnya sebelum tidur saya coba masak 1 rice cooker, biasanya sih sekali masak muat 2.5 kg, lha kok yang ini beda, berasnya pulen banget... Pagi jam 5 pas bangun kulihat nasi belum matang, alias mogol... byuh sedikit bimbang, rodo bingung...(soalnya bener2 gak ada persediaan beras ...). Sedikit tenang kucoba ambil panci pengukus, kukukus 2 kali, sementara sambilk bikin nasi kuning lagi di rice cooker yang sama, tentunya dengan sedikit mengurangi beras. ALhamdulillah, setelah kukukus beberapa saat, nasi matang. Ehm....legaaa... Tidak tahu banget kalau beras yang itu doyan banget sama air....

Setelah matang, nasi kuning saya bikin tumpuk. ENtahlah tiba-tiba saja muncul ide numpuk nasi itu. Semua resep dan bumbunyapun saya kira-kira. 5 kg beras, pake santen kaleng 400 ml sebanyak 4 kaleng, ketumbar, garam, daun pandan dan kunyit, dan tentunya air untukl masak nasi. Semua ukuran dikira-kira.

Pelajaran lain hari itu...setiap jenis beras, ternyata berbeda juga jenis kebutuhan air yang dipakai.


Tidak ada komentar: