Kamis, Mei 10, 2007

Kroket

Dah lama banget pingin bikin ini, akhirnya kesampaian juga.

Bahan Kulit :
500 gram kentang (aku beli yang dah siap goreng), goreng, haluskan
3 sdm susu bubuk
1/2 sendok teh merica bubuk
3 sdm butter

Bahan Isi :
250 gram fillet ayam, cincang kasar
1/2 buah wortel ukuran besar, potong dadu, kecil-kecil
1 buah bawang bombai, potong dadu, kecil-kecil
4 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
4 lembar keju
3 sdm margarin
1 sdt gula pasir
75 cc susu cair
3 sdm susu bubuk
2 sdt tepung terigu
Tepung parnir secukupnya
1 butir telur, kocok
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Kulit: campur semua bahan hingga rata hingga rata.

Isi: tumis bawang bombai dan bawang putih dengan margarin hingga harum.
Masukkan daging ayam cincang hingga empuk,
Setelah itu masukkan wortel, merica, pala, keju, susu bubuk, susu cair, aduk rata dan masak hingga setengah matang.
Tambahkan garam dan gula secukupnya.
Lalu masukkan terigu, agar sedikit lebih kenthal
Aduk rata dan masak hingga masak dan angkat

Ambil sekepal adonan kentang, pipihkan, lalu beri adonan isi secukupnya, rapatkan dan bentuk sesuai selera, bisa bulat, lonjong atau pipih.
Lakukan hingga adonan habis.

Celupkan adonan yang sudah diisi ke dalam kocokan telur, angkat, lalu gulingkan pada tepung parnir hingga rata. Lakukan hingga habis.
Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan, usahakan dalam menggoreng semuanya masuk dalam minyak.

Alhamdulillah rasanya uenak...rasa nambah kata suami, Edo dan teman2 lain yang ikut ngicipin.
Mereka sekali makan langsung habis 3 biji lho. Safa pun tak ketinggalan langsung tambah terus.
Seneng kalau mereka ikut seneng.

6 komentar:

Nunung mengatakan...

Mau dong mbak Anisa...kroketnya, ditunggu ya kirimannya

akoe mengatakan...

aduhh jadi ngiler, pdhal aku juga lagi pengen makan ini mbak

Ciedolicious mengatakan...

Waduh, alhamdulillah banget nih mampir ke blog makanan. Aku lagi bingung mau bikin cemilan apa weekend ini..huhuy! Asik asik....makasihh yahhhh teh.. :)

Thx for the b'day greeting :)

Anonim mengatakan...

Mbak Nunung : dikirim via Ym ya..
Aisya : duh, sayang dah habis disini.
Astrid : Sama2

mama Safa

Hany Von Gillern mengatakan...

Nis, kroketnya cantik banget hasil gorengannya, bener-bener kuning keemasan, kursus ah sama Anisa cara nggoreng ben ayu hasile ...

wita mengatakan...

Suamiku suka banget sama kroket, boleh nyontek ya resepnya...pengen bikin deh...