Jumat, Juni 01, 2007

Ayam Ingkung Panggang

Kangen banget sama masakan ibu yang satu ini. Daripada kutahan lama2 kepinginnya akhirnya dengan semangat akupun beranjak ke dapur, walaupun sebenarnya hidung ini gak tahan bau dapur...ya sutralah daripada ngiler...

Bahan :
1 ekor ayam utuh, berat 1 kg, belah tengahnya agar yang tengah cepat masak
4 lembar daun jeruk
1 sdt jahe parut
2 sdm air asam
2 sdm minyak goreng
2 lembar daun salam
1 potong serai, memarkan
50 gram gula merah
1 kaleng santen 400 ml

Bumbu Halus
4 siung bawang putih
1/2 biji bawang bombai
4 biji kemiri sangrai
1 sdt ketumbar bubuk
kunyit dan garam secukupnya

Cara :
Lumuri ayam dengan air asam, biarkan kurleb 10 menit
Sayat sedikit bagian daging, agar bumbu meresap sampe dalam
Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan bumbu halus lainnya
Masukkan daun jeruk, daun salam, jahe, gula, serai, aduk hingga harum
Masukkan ayam, setelah berubah warna balik
Masukkan santan, masak hingga matang dan bumbu meresap
Bila kurang masak bisa ditambahkan air sebelum santan meresap
Angkat, bakar hingga masak

Hidangkan dengan sambel tomat dan nasi uduk. Lebih nikmat lagi kalau ada lalapan daun kemangi...berhubung gak ada ya sudah kita pake ketimun sama daun selada saja.

Sambel tomat :
7 biji cabe rawit
1 siung bawang putih
1 buah tomat
garam dan gula secukupnya

Haluskan semua bahan
Sajikan sesegera mungkin.

Nasi uduknya lupa gak kefoto, habis semuanya sudah gak tahan untuk segera menyantapnya...

Nasi Uduk :
Beras 3 cup
1 kaleng santen
Air secukupnya
3 lembar daun pandan
2 lembar daun salam
Garam secukupnya
Masak seperti biasa, namun sering ditengok untuk diaduk, agar santennya bisa rata.

Selamat mencoba.
Dah gak ngiler lagi nih....:D

9 komentar:

I sha mengatakan...

hallo mbak Anisa, lama gag up date dapurnya, sekali up date uihh bikin ngilerrr...
apa kabarnya mbak? semoga sehat ya.

Anisa mengatakan...

iya nih...masih alergi bau dapur nih..hehehhe..Alhamdulillah kabar baik.AMin.makasih doanya ya Aisya

Andrie Anne mengatakan...

Waaaa enaakk niihhh...

Nunung mengatakan...

wadouuuhhh uenak e, ingkung ayam panggang, sambel tomat, nasi uduk....lapeeer mbak, mau dong

I sha mengatakan...

wahh baru tau ternyata mbak anisa lagi berisi ya, selamat ya mbak ikut senang. semoga sehat dan dilancarkan segalanya ama Allah SWT, amin.

Mamah 'Little Aras' mengatakan...

nis urun rembug, nek aku nasi uduknyah ditambahin ama ketumbar, asli, dadi lebih gurih rasane :D

Anonim mengatakan...

Ngono yo Zah, matur nuwun yo masukane. Tapi neng kene ra enek tumbar,mengko aku nyuwun kirim ibu (kirimane biyen wis entek).

mama Safa

ro-c mengatakan...

alloww..duh rajinnya..lama ga mampir, la kok disuguhin ingkung hmmmm sedep.
lah ... slamet yaaa.. Safa mo punya Adek yah? pantesan ogah bau dapur..hihihi
btw, alamatku ganti loh..yg dulu mboh ga ngerti kok bs dpk org hehehe. yowes smoga sehat2 ya dan bs balik k dpr lg...

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!