Selasa, Juni 16, 2009

Black Forest



Ini black forest pertama yang saya bikin, entahlah apa rasanya... saya bikin mengikuti semua petunjuk yang ada. Kata mereka yang sempat icip2 sih sudah lumayan...ya setidaknya buat pemula seperti saya.
Black forest ini saya bikin beberapa waktu lalu, saat usia pernikahan kami berusia 9 tahun. Berbeda dengan tahun lalu, saya bikin tiramisu. Dan ternyata sepertinya black forest lebih disuka anak2 dan suami.

Resepnya
(saya nyontek dari dapurnya teh Ina yang jago bikin black forest, makasih ya teh...resepnya) :
Bahan :
8 butir telur
200 gram gula
1 sdt tbm/ovalet

100 gram terigu
60 gram chocolate bubuk
40 gram maizena

100 gram margarin, lelehkan
1 kaleng black cherry (saya pake red cherry, disini nyoba cari2 black cherry gak nemu)

Whiiped cream, kocok kaku
Cherry segar sebungkus (disini lagi musim buah cherry segar...seger dan ehm... enak banget...)
500 gram Dark coocking chocolate untuk hiasan (saya coba bikin hiasan berbentuk daun)
Sedikit coklat putih buat taburan

Cara :
Kocok telur, gula, tbm sampai putih dan kental
Masukan tepung terigu, coklat bubuk dan maizena yang sudah diayak sedikit-sedikit kedalam adonan.
Masukan mentega yang sudah dic airkan.
Panggang dalam oven 180 derajat selama 30 menit
Angkat dan dinginkan.


Belah kue menjadi tig a bagian, olesi dengan air dari black cherry hingga basah, oleskan whipped cream dan atur cherry hitam diatasnya, tumpuk menjadi tiga.
Olesi semua permukaan kue dengan whipped cream hingga rata, lalu hiasi dengan dark cooking chocolate , coklat putih dan cherry.
Dinginkan, siap untuk dipotong



Alhamdulillah...satu lagi koleksi masakanku bertambah...

4 komentar:

Rosy mengatakan...

Slamat ultah pernikahan ya mbak...smoga bahagia dunia akhirat..sori lagi2 telat berkunjung hehe...
btw, kuenya tambah cakep ajah nih....sugooiiii..makin laris juga sptnya yah..sukses smuanya yah...eh rafif dah mulai masuk hoikuen na?

Shinta Octaviani mengatakan...

mbak Nisa,nanya dong.. gimana cara bikin hiasan coklat bentuk daun? Coklatnya pake campuran ga ya?

Anisa mengatakan...

Mbak Rosy : matur nuwun.AMin amin....
Iya, muali April kemaren sudah masuk hoikuen

mbak Shinta bikin coklatnya saya pake coklat batangan oleh2 teman dari Indonesia, gak pake campuran apa2. Coklat cuma saya tim saja.
Setelah daun dicuci bersih, saya lap satu2, tata di atas meja, dengan posisi daun dibalik (maksudnya daun yang dituangi coklat ini daun yang bagian bawah). Setelah dingin, coklat dengan mudahnya dikelupas dari daun.Sebaiknya masukkan coklat segera ke kulkas.

Shinta Octaviani mengatakan...

mbak Nisa, arigatou ne tips bikin coklat bentuk daun. Kapan-kapan mau coba ah...
Eh selamat hari raya idul fitri ya.. Taqabbalallahu minna wa minkum.