Rabu, Juni 24, 2009

Nasi Biryani Ala dapur safa

Resep nasi biryani ini saya peroleh dari Musume san, teman dari Bangladesh. Saat kehamilan Rafif di awal-awal bulan, dia sering datang ke rumah dengan membawa makanan khas negaranya. Mulai dari membikinkan saya nasi biryani, membawakan sayuran, cabe, membuatkan lauk dan berbagai makanan lainnya. Dia orangnya baik dan lugu banget... Tahu saya bener-bener teler di awal kehamilan sepertinya dia tahu banget kondisiku saat itu...jadilah dia sering ke rumah menawarkan segala bantuan. Alhamdulillah dia sekarang juga sedang hamil anak keduanya, sayang rumahnya sekarang jauh, dia tinggal di Tenno danchi... jadi saya tidak bisa mengantar sesuatu ke rumahnya, kadang-kadang saja saya titipkan ke suami dan selanjutnya dititipkan ke brother Kashim, baru malam harinya sampai di Musume san ehehhehe... berantai.

Setelah kelahiran Rafif dia datang ke rumah bersama suaminya brother Khasim dan anak laki-lakinya Sajid. Dia membawa beras brahmati yang katanya langsung dikirim ibunya dari Bangladesh plus bumbu-bumbunya.
Sedangkan saya dirumah cuma menyiapkan daging kambing saja...

Resep Nasi Biryani dari Musume san

3 cup beras brahmati, cuci bersih dan tiriskan hingga benar-benar tak ada airnya
3/4 kg daging kambing, iris sesuai selera
2 butir bawang bombai, iris kotak-kotak kecil
5 siung bawang putih, haluskan
3 cm jahe, haluskan
2 sdm bumbu Biryani Bombay Masala, produk Pakistan
Rempah-rempahnya terdiri dari cengkih, asem bangladesh (mirip sama asemnya indonesia, cuma agak lebih besar ukurannya), jinten, kayu manis, daun roreru (bahasa Jepang) daun seperti daun salam, kapulaga dan garam secukupnya.
4 cabe hijau/sesuai selera
4 sdm mentega
Air panas secukupnya

Panaskan mentega dengan api kecil, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombai hingga benar-benar keluar aroma harumnya, masukkan jahe, aduk rata.
Masukkan kambing, aduk hingga berubah warna
Masukkan semua bumbu rempah-rempah, aduk rata
Masukkan beras dan sangrai bersama bumbu-bumbu diatas beberapa menit

Tuang semua yang diatas ke dalam rice cooker dan beri air panas secukupnya (air tidak saya ukur, saya kira-kira saja, sama halnya dalam memasak nasi setiap harinya).
Pencet tombol memasak dan sekali-kali rice cooker dibuka untuk mengaduk nasi dan bumbu-bumbunya agar tercampur rata sempurna.

Tunggu beberapa saat hingga matang dan siap untuk dihidangkan. Lebih enak kalau dimakan disaat sudah mulai hangat.

Alhamdulillah...satu lagi koleksi resep masakan saya bertambah

1 komentar:

Rosy mengatakan...

mauuuuuuuuuuuuuuuuuuu ^_^