Kamis, September 29, 2011

Es "Kopyor" Palsu

Pingin yang seger2 disaat musim panas ? ah sudah lewat musim panasnya. etidaknya minuman inilah yang setia menemani hari-hari yangf luar biasa panas di musim panas kemaren. Setelah seharian menjalankan ibadah puasa ramadhan, ssore hari dikala berbuka terkadang menu ini selalu muncul di atas meja dengan manisnya. Ehm...seger banget....

Disini memang gak ada degan kopyor atau kelapa muda kopyor yang enak dijadikan santapan pembuka saat puasa atau takjil. Gak kurang akal, nutrijelly ataupun agar-agar setidaknya bisa menggantikan sesuatu yang tidak umum menjadi "mirip aslinya"...

Gampang...ambil saja satu bungkus nutrijelly atau agar-agar (kalau aku biasa yang tanpa rasa). Rebus bersama susu segar (sebagai pengganti air) atau santan. Didihkan bersama gula secukupnya. Setelah mendidih, tuangkan satu sendok sayur satu sendok sayur secara perlahan ke atas es batu dalam ukuran besar, secara perlahan. Lakukan hingga habis.

Sedangkan sirup saya biasa bikin sendiri, biasanya saya bikin sebelum merebus agar argar atau nutrijelly, biar dingin dulu. ukurannya tidak berukuruan alias sesuka hati sesuai dengan keinginan manisnya. Bahannya cuma gula di rebus dengan air putih dan saya beri pasta pandan secukupnya (bila ingin rasa pandan) dan tentunya syrup akan berwarna hijau. Bila ingin rasa strawberry, beri pasta strawberry (akan tampak warna merah).... Pasta perasa ini saya beli di warung halalfood di KUmamoto .

Gampang kan untuk membuat es kopyor palsu.... rasanya enak dan segar.... apalagi diminum saat masih dingin... ehmmmm gak mau berhenti nih anak-anakku.

Tidak ada komentar: