Selasa, September 05, 2006

Oseng-oseng (Tumis menumis)

Mudah sekali membuatnya, semua pasti bisa.


Oseng Pare Campur Teri

Pare dan teri sangat mudah di jumpai di sini. Paling enak dimakan bersama dengan nasi yang masih hangat. Nggak tau cara masaknya ... ? Coba deh, gampang dan cepat.


Bahan :

1 buah pare ukuran sedang
100 gram ikan teri kering, cuci bersih
4 siung bawang putih, iris halus
1/2 biji bawang bombai, iris halus
8 buah cabe kering (diutuhkan, buat jebakan)
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara :
Pare dibelah menjadi 2 bagian, sedikit remas dan rendam dalam air bekas cucian beras, selama kurang lebih 30 menit (agar berkurang pahitnya)
Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombai, cabe,
Lalu masukkan teri, baru kemudian pare, garam.
Aduk hingga rata.
Jangan terlalu lunak, segera angkat. Enak dimakan bersama dengan nasi yang masih hangat.

Bisa juga ditambahkan kecap, bila suka.


Orak Arik Sayuran

Bahan :
1 buah wortel, iris tipis, memanjang seperti korek api
50 gram ayam cincang
4 lembar daun kol iris tipis
3 siung bawang putih haluskan
50 gram tauge,
1 butir telur kocok
1/2 sdt merica bubuk

Garam secukupnya
Cara :
Cuci bersih semua sayuran
Tumis telur kocok, setelah matang sisihkan di pinggir
Lalu tumis bawang putih dalam bekas minyak untuk menumis telur hingga harum,
Masukkan ayam cincang, setelah matang, masukkan wortel, daun kol, tauge aduk rata
Masukkan merica, garam secukupnya. Aduk hingga rata.
Setelah matang segera angkat.

Sajikan saat masih hangat.


Oseng Buncis dan Wortel

Bahan :
2 buah wortel, potong sekitar 2 cm, tebal 0.5 cm
150 gram buncis, potong 2 cm
4 siung bawang putih, iris halus
1/2 biji bawang bombai, iris halus
2 batang kani (kepiting) olahan, potong 2 cm
1 sendok bawang goreng, bila ada (gak ada pun gak apa-apa)
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis
Cara :
Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombai,
Lalu masukkan wortel, baru kemudian buncis,
Setelah hampir masak, masukkan kani, garam
Aduk hingga rata.
Jangan terlalu lunak, segera angkat. Taburi dengan bawang goreng.
Sajikan saat masih hangat.

Kani bisa juga diganti dengan sosis.

3 komentar:

Ina mengatakan...

Jadi ada ide nih, dah lama gak masak pare pake teri

tie mengatakan...

mba saya juga suka ko masak pere ma teri tapi saya pake telur.. he..he... nyoba resep mba ah...

Anisa mengatakan...

Boleh di coba kok, ntar kalau udah coba bisa incip ya..