Sabtu, September 22, 2007

Kalau yang lalu sempat posting bakso ikan, kini saya coba bikin bakso ayam. Saya dapat resep dari sini. Ada banyak tips untuk menghasilkan bakso yang enak dan kenyal. Dan kali ini rasanya juga gak mengecewakan, baik struktur baksonya, maupun rasa kuahnya. Disini kalau gak belajar bikin sendiri gak bakalan makan bakso deh, lain halnya dengan di Indonesia yang semuanya serba tersedia.

Dalam hal masak memasak saya tidak pernah pakai yang namanya penyedap rasa, apapun merk dan bentuknya (kecuali pas terpaksa mesthi pake bumbu instant). Sama saja ya....ya wis lah...Dari berbagai sumber pernah saya baca bahwa bahan tersebut bisa mengganggu perkembangan otak, terutama pada balita. Sebagai gantinya saya biasa pake sedikit gula putih.

Bahan :
300 gram daging ayam giling
1 biji telur
1/2 sdt baking powder
tepung maizena 45 gram (terigu, kanji juga bisa)
3 siung bawang putih, iris tipis2, goreng dan hancurkan
1/2 sdt merica
Garam secukupnya

Campur semua bahan, uleni hingga bumbu tercampur rata.
Masukkan semua ulenan ke dalam plastik, tali.
Potong salah satu ujungnya kecil saja.
Didihkan air secukupnya, bisa diberi tulang ayam beberapa potong, untuk aroma.
Pencet sedikit2 daging dalam plastik, tangkap dengan sendok (buat yang tidak punya banyak waktu, biar cepet, bentuknya juga gak jelek2 banget kok)
Masukkan ke dalam air yang sudah mendidih.
Lakukan hingga habis
Bila bakso sudah matang, otomatis bakso akan mengapung dengan sendirinya.
Angkat dan tiriskan.

Kuah :
3 siung bawang putih, haluskan
Merica dan garam secukupnya
Air juga secukupnya
4 potong sayap ayam

Rebus sayap ayam dengan air secukupnya, beri sedikit jahe biar gak amis
Di tempat lain Tumis bawang putih hingga harum, masukkan merica, lalu masukkan kedalam air yang diberi sayap ayam yang sudah mendidih.
Diamkan beberapa saat.

Pelengkap.
2 bungkus mi kuning, sawi dipotong sesuai selera dan bawang merah goreng.
Sambal korek (bahasa Indonesianya apa ya...) di buat dari cabe, bawang putih sama garam sedikit saja lalu di uleg/dihaluskan.
Bisa juga sama gorengan/siomay goreng
Sajikan saat masih panas.

2 komentar:

Mr D J mengatakan...

Waaaaaaahhhhhh tampak enak baso buatan sendiri , betul mbak sebaiknya masakan jangan menggunakan penyedap rasa kalau tidak terpaksa sekali , pa lagi gula dan garam juga sebagai bahan pengawet masakan asal memasaknya dengan benar , salut deeh mbak , carilah masakan buatan sendiri yang tidak umum , keuntungan masakan buatan sendiri di jamin halal dan puas hasil jerih payah sendiri .

Anisa mengatakan...

Iya, makasih ya sharingnya.Puas, murah meriah dan dijamin halal