Rabu, September 19, 2007

Selamat berpuasa semuanya.....
Akhirnya muncul lagi, setelah sekian lama menghilang, habis puasa2 begini gak enak juga kalau lama2 mandangin foto masakan teman2.

Memenuhi janjiku beberapa waktu lalu kepada jeng Fitta
Untuk kamaboko, berikut gambarnya, sedangkan untuk dashi (bubuk sari ikan + kombu) saya biasa beli saja, dan kalaupun bikin sendiri sebenarnya bisa, cuma malas saja.

Kamaboko

Nah, lunas sudah utangku pada bundanya Anas.
Satu lagi dari jeng Fitta

Makasih ya...jadi malu...habis aku kan gak selihai dan secanggih ibu2 blogger yang lain dalam membuat atau menyajikan masakan buat keluarganya. Makasih ya jeng...

Tahu Tek

Beberapa hari menjelang puasa, di Tabloid Nova dapat resep Tahu Tek. Tahu tek ini makanan khas Lamongan. Jadi di Surabaya mudah banget dijumpai di PKL, dan biasanya penjualnya selalu orang Lamongan. Setengah ngublek isi kulkas, akhirnya masih kutemukan petis dan jadilah ini... ALhamdulillah walaupun gak lengkap, tapi setidaknya bisa mengobati kangenku sama makanan jawa timuran ini.

Tahu Tek (sumber Tabloid Nova)

Bahan :
2 buah tahu, iris kotak2, goreng setengah matang (aku sedikit kering)
2 buah kentang, iris kotak, goreng setengah matang (aku sedikit kering)
50 gram tempe, iris kotak, goreng setengah matang (aku gak pake, lagi gak ada stok...)
75 gram tauge, celup ke air mendidih kurleb 5 menit
100 grm kol (aku gak pake)
1 batang daun seledri, iris kecil2
3 telur ceplok (aku tak rebus, bagi 2, soalnya dah banyak gorengan...,
Safa lebih suka telur rebus)
2 sdm bawang merah goreng, buat taburan
Krupuk udang ukuran kecil, secukupnya


Sambal :
7 buah cabe merah
2 sdm petis
75 gram kacang tanah goreng
1 siung bawang putih
1 sdm ebi (di Nova gak ada, tapi sering kulihat di Sby, penjual tuh pake ebi/udang seger)
gula merah iris, garam dan air secukupnya

Haluskan cabe, kacang tanah, ebi. BIla semua seudah halus masukkan petis, garam, gula merah dan campur. Tambahkan air secukupnya.


Cara :
Semua bahan yang sudah masak ditata rapi diatas piring, termasuk kerupuk.
Taburi dengan daun seledri dan bawang goreng.
Siram dengan sambalnya
Siap untuk dihidangkan.

Berhubung dah lama gak maem tahu tek ini, sekali makan dah langsung ludes dan suami minta dibikinkan lagi esok harinya.


2 komentar:

Fazza mengatakan...

Assalamu'alaikum
Salam kenal, namaku Fatima mbak.
Aku juga asli Indonesia lho..tapi sekarang lagi di Ausie. Aku kangen masakan tahu tek tek, tapi di sini nggak ada petisnya. Tahu nggak cara bikin petis?
Makasih sebelumnya.
Wassalam

anisa mengatakan...

Waalaikuksalam wr wb.
Salam kenal juga mbak.Senang sekali dikunjungi, jauh2 dari Ausie.

Wah...s aya kurang tau tuh bikin petis sendiri, saya kmrn titip teman saat pulang ke Indonesia.
Minta kirim saja mbak dari INdonesia...gampang dan murah kok.ehhehehhe.. maaf kalau gak bisa kasih solusi.

Wassalamu alaikum wr wb