Rabu, Juni 11, 2008

Spiku

Alhamdulillah, kemaren sukses bikin spiku. Ini spiku keduaku. Spiku ini salah satu kue kesukaan suamiku. Dikampung kami biasa menyebut panganan ini sebagai kue spiku. Namun belakangan saya baru tahu, kalau ini juga disebut sebagai kue lapis surabaya. Apa karena asal kue ini surabaya ya, mereka menyebut dengan sebutan itu. Ah, gak penting bagiku, yang penting rasanya yang bener2 luar biasa dan pasti membuat ketagihan. Bayangkan saja, untuk membuat kue ini dibutuhkan 30 butir kuning telur. Akan didapatkan tekstur yang lembut, bener2 menggingit.

Coklatku kurang nendang, stok coklat pas habis, rasa tetep ok kok

Spiku/ Kue Lapis Surabaya


Resep : bu Fatmah Bahalwan

Bahan untuk setiap lapis :

10 kuning telur
50 gram terigu
100 gram gula pasir
125 gram mentega kocok

untuk pewarna coklat, 1 sdm coklat pasta

Cara membuatnya :
Kocok kuning telur dan gula, hingga adonan kental
Tambahkan mentega kocok, aduk rata
Masukkan terigu sambil diayak, aduk hingga rata
Tuang dalam loyang yang sudah diolesi mentega
Oven 180 derjt selama 20 menit / hingga matang... kayaknya ini tergantung oven deh...
Angkat kue, dinginkan

Olesi dengan butter cream atau selai... tumpuk dengan kue warna coklat, olesi butter cream lagi, tumpuk kue lagi.
Siap untuk dipotong dan disajikan.

Selamat menikmati.

Nah, kalo yang dibawah nih resep warisan keluarga di kediri sana, resep ibu mertua.

Bahan :
6 butir kuning telur
2 butir putih telur
100 gram gula,
100 gram mentega cair
50 gram terigu
100 gram susu bubuk
1-2 sdm butter
1 sdm coklat pasta
1 sdm vanili (untuk kue yg warna kuning, optional)

Caranya hampir sama.

4 komentar:

Judith mengatakan...

Aduuuuh jeng, enak banget iki cakemu. Keliatan lembuuuuut banget...semula tak kira puding, hi hi ...

Midha Mulyaningrum mengatakan...

wah, bu Anisa..
Kuenya lembut sekali teksturnya..
Tp kuning telurnya banyak sekali y..
Resepnya kurang sesuai dengan kantong saya, mahasiswa yang beasiswanya seiprit.. Lagian baru blajar gini kok udah gaya2an mo bikin yg susah2.. hehehe..
Blajar yg gampang2 dulu kyknya ^_^

anisa mengatakan...

mbak Judith : ehhehe...iyo mbak gawe tombo kangen, kangen tinggal maem ...ekekkekee

Midha : elur kan murah kalo hari minggu,jadi pas minggu borong bawa bala tentara dapat 4 pak. ehehhee..
Ah Midha terlalu merendah, kau juga hebat dalam hal perbakinga. Semangat ya..

spiku mengatakan...

waaaahhhh uuueeeeaaaaanaakkkk tenan nihhh jadi pengen, kalo kasih krim diatasnya lebih mantabs kali ya.