Kamis, Juni 19, 2008

Tendon dan Oyakodon

Buat Asa gohan/sarapan

Buat bento suami, tinggal ngecling simasu hehehe

Sebenarnya dah sering bikin, cuma baru sempet saja tuk mengabadikan. Namanyapun juga suka2. Tetep bahan dasarnya nya nasi plus oyakodon plus tempura..jadi tendon kali gitu ya.. embuhlah, yang jelas suami plus Safa seneng banget ma makanan ini. Selain super duper cepet bikinnya juga gampang.

Saya pernah diajarin bikin sama Ishikuma sensei dirumah, tapi rasanya kok masih kurang sesuai dengan lidah suami. Yo wis yang ini tak coba yang lain, Resepnya saya ambil dari sini.
Saya gak pake mirin, dengan sedikit modifikasi.

Oyakodon
Resep yang saya pakai
200 gram dada ayam, potong kotak2/sesuai selera, lumuri ayam dengan jahe parut, biarkan kurleb 5-10 menit.
1 butir bawang bombai, iris tipis2
1,5 sdm dashi
1 sdm soyu
1 sdm gula/sesuai selera
4 butir telur, kocok rata
Air kurleb 400 ml
1 sdm kombu kering,cuci tiriskan
1 sdm tepung maizena yang sudah dilarutkan (optional)

Cara :

Rebus ayam dalam air mendidih, tunggu hingga ayam masak. Tutup.
Masukkan irisan bawang bombai, biarkan kurleb 3 menit
Masukkan dashi, soyu, gula kombu aduk rata,
(Berhubung suami seneng yang agak kentel, aku masukin maizena kedalamnya)
Tuang telur kocok diatasnya, secara memutar (biar gak mengendap jadi satu)
Tutup dan diamkan beberapa saat
Tuang diatas nasi hangat dan atasnya bisa diberi tempura

Tempura
Bahan yang dibutuhkan tergantung selera, sesuai dengan keinginan/bahan yang ada
Saya pake 1 lonjor nasu/terong, iris bulat2 tipis dan ikan

Cara bikin tempura
Ambil air dingin, air es (yang keluar dari reizoko/kulkas) 1 cup
1 cup tepung khusus tempura
1 butir telor
Aduk rata, air dan tepung, hingga tidak ada tepung yang menggumpal/pastikan semua sudah tercampur rata
(optional, kalau mau tempura yang agak berasa gurih, bisa ditambahkan bawang putih bubuk, merica dan garam)
Panaskan wajan dengan minyak secukupnya
Celupkan nasu/ikan dalam adonan
Segera masukkan dalam wajan berisi minyak panas
Goreng hingga berwarna kuning
Angkat dan tiriskan
Akan dihasilkan tempura yang krispi... kriuk2 gitu..gak melempem.


Penyajian

Letakkan nasi dalam cawan/mangkok.
Siram dengan oyakodon panas2
Letakkan tempura diatasnya
Siap untuk disajikan

Mudah2an bermanfaat bagi pecinta telur eh... pecinta oyakodon.

4 komentar:

Judith mengatakan...

iki termasuk gorengan ya jeng? trus dilengkapi curry ayam? ...

Aku ki mbaca tapi masih nggak mudeng, he he ... senengnya hidangan Japan ki enak2,nyami tenan...

ira i mengatakan...

Mbak, soyu nya bisa pakai yg kikoman gag? trus kl gak punya dashi piye? atau musti beli dashi juga?kl gak salah dijual dlm bentuk bubuk yah?kl mirin itu nggak hslal ya Mbak?

ira i mengatakan...

Terima kasih penjelasannya Mbak, memang ya kl mau beli bahan harus dibaca dgn teliti. Aku baru tau kl dashi bisa bikin sendiri pakai kepala teri :D

Oh iya unt baked potato...bikinya guampang bngt Mbak, itu mah saya kl lg males tp pengen makan enak ya bikin itu sajah..hihihi

Kentangnya dikukus dulu sampe empuk, lalu dioven spy baunya keluar, kl saya kentangnya dikasih parutan mozarella, baru dioven (dibungkus alumunium foil)

Bikin saus putihnya : susu cair, keju parut, garam, merica, pala bubuk, basil bubuk. semua dimasak.

Brokoli direbus sebentar.Udah Mbak jadi...tinggal dimakan...hehehhe

Maaf kepanjangan :D

anisa mengatakan...

Mbak Judith : ikannya itu termasuk gorengan/tempura, dilengkapi dengan bawang bombai rebus dibumbui terus diberi telur kocok, rebus gitu mbak...hehehe..praktis dan murmer.

M Ira : Syoyu saya kurang tau merknya (klo di Indonesia), disini pun kalau beli saya sering berulang kali dibaca, takut ada bahan2 terlarang ada. Dashi bisa dibikin sendiri pake ikan teri kering yang diblender bersama dengan kombu (sejenis rumput laut). Kalau disini dashi gampang dapatnya,banyak yg aman, betul dalam bentuk bubuk.
Mirin saya tidak pake, karena terbuat dari sake juga jadi ya ...haram. (tapi ada juga beberapa teman yg mau pake...? so...terserah kepercayaan mereka.

Mbak Ira..bukan kepala teri, tapi ikan teri.
Terima kasih ya tuk pencerahannya, insyaallah kapan2 saya mau bikin.