Selasa, Agustus 26, 2008

Okura (Okra)

Okra dalam bahasa Indonesianya disebut bendi. Sepertinya di Indonesia, tanaman ini jarang kita temui. Sedangkan buahnya juga jarang terlihat di pasar2/ supermarket pada umumnya (di Surabaya sana lho, gak tahu kalau kota lain banyak dijumpai).


Musim panas berkepanjangan membuat malas untuk beranjak ke dapur. Jadi maemnya ya seadanya dan juga yang bikinnya gampang, cepat dan praktis. Berawal dari temanku Megumi san yang memberiku Okura/okra. Dan dia memberi tau caranya makan. Kalau orang Jepang sendiri biasa makan okura yang diiris tipis2, diamakan mentah gitu. Kemaren diberi resep lain, bikinnya gampang.

Okra flower bud and immature seed pod
diambil dari wikipedia


10 biji okura, cuci bersih, iris serong kurleb setebal 1 cm
1 butir bawang bombai iris tipis
2 butir bawang putih iris tipis (optional)
dashi (optional)
1 biji telur kocok
2 sdm katsuobushi
mayonese

Tumis bawang hingga harum, masukkan okura, aduk pelan
Sisihkan ke pinggir, masukkan telur kocok, tumis bentar dan kembali aduk rata
Setelah okura dirasa cukup masak, angkat]
Taburkan katsuobushi dan mayonese diatasnya
Siap disajikan dengan nasi anget

Okura bisa juga ditambahkan dengan shimeji atau jenis jamur lain.

Gak sampe 5 menit sudah jadi.

7 komentar:

http://mystique.blogsome.com mengatakan...

wah kalo okura/okra , di Indonesia kayaknya ga ada ya Mbak? ..masakannya kayaknya seger banget tuh...Salam kenal

Judith mengatakan...

Enak kiy jeng .. ketok seger tenan. Tapi aku belum pernah maem iki, cuma liat komposisi resepnya aja he he, itu aja dah keliatan enak (^_^) ..

teteh mengatakan...

kalo disini nama melayunya bendi tapi kalo di pasar biasa disebut juga lady finger mba :), rada berlendir kan :) tapi kalo akang suka banget tuh.

anisa mengatakan...

Salam kenal juga. Iya mbak, saya di Surabaya juga gak pernah menemui sayuran ini. Seger, enak juga buat Sup.

Mbak Judith : seger mbak, praktis dan gampang pisan

Teh Tie : iya tehm bendi. Betul sedikit berlendir, kata orang Jepang cocok dimakan mentah sama soyu/mayonese atau buat miso/sup. Wah selera akang sama donk sama suamiku, beliau juga seneng banget.

ira i mengatakan...

hm...iya yg ini kayaknya seger nih

dwiwoelan mengatakan...

Waa..cari bahannya dimana ya kalo di sini? hehehe

nozomistory21 mengatakan...

Waaah.... kaya'nya enak bangetz. Pengen nyoba =3