Selasa, Februari 03, 2009

Donat Kentang NCC
Baru pertama kali nyoba ikutan ngeramaikan even Donat Week NCC Uenaakkk.
Minggu kemaren bikin donat kentang sama Safa. Mumpung libur, Safa seneng banget.
Saya pake resep donat kentangnya Bu Fatmah.
Berhubung gak punya mixer kaya mixer teman2... uleninnya pake manual saja, banting sana banting sini, hehehehe sampe tangan pegel2 untuk menjadikannya kalis.
Saya haluskan kentang pake food prosesor. Membentuknyapun juga tidak pake cetakan, semua pake tangan.
Setelah adonan kalis waktu mendiamkanpun terlalu lama...hampir 2 jam... karena anakku yang kecil Rafif gak mau ditinggal, al hasil nemenin main dulu, hingga dia tenang.

Apa yg terjadi berikutnya ? adonanku meluber...jadi gedhe banget... lebih dari 2 kali mengembangnya, ringan banget, halus kaya kapas.
Mengikuti petunjuk selanjutnya, timbang adonan, bulatkan (nah, safa bantuin bikin bulatan2 ini) dan diamkan.... (nah waktu didiamkannyapun juga jadi dobel...terlalu lama....Rafif nangis... yah berhenti lagi sampe 1 jaman...
mulai lagi nyelesaikan kerjaan....lha kok gak habis2.
Jadinya buanyak sekali....

Donatnya empuk, sampe besuk pun masih tetep empuk, menul2

Menggorengnyapun saya juga pake minyak sayur biasa, makanya sedikit meresap minyak dan tidak bisa kering. Tidak apalah, yang penting rasanya.
Hasilnya seperti yang terlihat di gambar, bentuknya tak secantik bikinan teman2, gak apa2 bagiku.... Donat empuk, apalagi saat masih hangat. Sebagian donat saya goreng dan 5 biji saya coba saya oven. Sama enaknya, cuma yang digoreng minyaknya kentara sekali, sedangkan yang dioven kelihatan kaya kue.
Seperti biasa, begitu matang, langsung anak2 dengan lahab memakannya. Kalau sudah begitu, hilang deh rasa capek.Seneng lihat anak2 seneng memakannya.


Karena adonan jadi banyak sekali, sampe Safa nyeletuk ma...lainnya dibikin Pizza saja...
lha dalah...kok ada2 saja Safa ini adonan donat kok dibikin pizza. Kucoba kuturuti kemauan sulungku. Kuambil alas mikrowave, olesi mentega, beri adonan donat diatasnya dan kuberi toping seadanya, brokoli, sosis, jagung muda dan keju saja.

Pizza dengan roti adonan donat kentang (lamanya kurleb 5 jam setelah adonan didiamkan) ala Safa


Lumayan rasa pizzanya, aneh saja... saat dimaem rotinya sedikit lengket di gigi., mungkin karena kelamaan fermentasinya kali. Tapi tak apa.Sekedar pengalaman, gak ada salahnya mencoba.

Terima kasih bu Fatmah untuk ilmu dan resep2nya. Barokallah ...

2 komentar:

dwiwoelan mengatakan...

Waaa...rajin coba-coba ya mbak, aku mau donk dikirim..hehehe..pa kabar?

lestari mengatakan...

nisa ajarin aku masak ya..n kasih tahu dong mana yang boleh dimakan n haram di jepoang. thx ya