Jumat, Agustus 18, 2006

SEKELUMIT TENTANG MAKANAN JEPANG

Membuat makanan Jepang, tidaklah sesulit seperti yang kita bayangkan. Setelah kita perhatikan, ternyata gampang juga lho. Ini sebagian masakan yang sudah saya coba bikin.

Furikake

Furikake ini merupakan campuran dari, wijen, ikan salmon, ikan sake, telur ikan, nori yang diiris tipis dan telah dikeringkan. Atau bisa campuran bahan lainnya. Rasanya sedikit asin. Biasa dijumpai saat makan somen (mi dingin), atau onigiri.
Namun kita mesti waspada, banyak sekali dijumpai furikake yang tidak bisa kita makan, biasanya ada mirin atau kadang ada bahan lainnya yang kita tidak bisa memakannya (butaniku alias daging babi).

Kadang-kadang kalau lagi males banget ke dapur, nasi anget ditaburi furikake juga sudah enak.



Sushi

Sushi (nasi diatasnya ikan mentah) merupakan salah satu dari sekian banyaknya makanan Jepang yang terkenal. Ini adalah makanan favorit kami sekeluarga. Ada banyak macam ikan bisa diletakkan diatasnya nasi. Bisa ikan salmon, unagi (belut laut), ikura (telur ikan segar bulat berwarna merah), udang, kerang, telur ikan berwarna kuning seperti kuku (bisa dilihat di bawah), atau kepiting, cumi-cumi, ikan yang dilunakkan dicampur dengan sedikit mayonaise.

Untuk membuatnya, saya gak pakai takaran, hanya kira- kira saja alias menurut perasaan.

Bahan :
Beras Jepang, bisa juga pakai beras lainnya (masak dengan sedikit dikurangi airnya dari takaran normal, biar tidak terlalu lembek)
Vinegar (cari yang tidak ada alkoholnya, susah didapat)
Gula 1 sdm
Beberapa potong ikan mentah, bisa salmon, ikura, udang, kepiting atau yang lainnya (cuci bersih dan iris tipis sekitar 3 -5 mm)
Nori (rumput laut yang diolah setipis kertas) ukuran kecil
Wasabi (bubuk lunak berwarna hijau, rasanya sangat menyengat di hidung)

Cara :
Ambil nasi yang sudah masak sebanyak kurang lebih 2 piring makan, dinginkan
Tuangkan vinegar kira-kira 3 sdm + gula, rebus hingga keluar bintik2, biarkan dingin
Setelah vinegar dingin, campur ke dalam nasi, aduk hingga rata
Ambil nasi kepal-kepal, bentuk sedikit panjang agak lonjong, lapisi luarnya dengan nori
Diatas nasi letakkan sedikit wasabi (kalau buat anak-anak jangan dikasih deh, abunai...)
Letakkan potongan ikan/lainnya diatasnya.
Siap untuk disajikan.

Kalau susah mendapatkan vinegar, bisa kita ganti dengan gula dan sedikit garam
Untuk sushi yang diatasnya udang, kepiting atau ikan yang dilunakkan biasanya diberi sentuhan mayonaise


Nabe

Nabe sendiri dalam bahasa Jepang berarti panci.

Bahan :
Hakusai (sawi putih)
Jamur Enoki dan sitake, masing-masing satu ikat
Ninjin (wortel). Kupas, iris tipis, serong
Nira (seperti daun bawang, namun sedikit kaku)
Daun prei
Rebung yang diiris seperti batang korek api
Tofu, iris 3 x 3 cm
Tauge secukupnya
Gomma (Wijen) 100 gram
Minyak wijen 2 sdm
Dashi (sari ikan, kombu dan ikan teri). Bisa dibuat sendir atau beli yang sudah jadi (awas buta)
Air secukupnya
Kepiting 5 biji
Udang ukuran besar 300 gram
Ikan Salmon 1o potong
Otake (kerang besar)
Ikan laut yang lainnya (tidak tau namanya, asal masuk saja)

Cara :
Cuci bersih dan potong semua sayuran sepanjang kurang lebih 4 cm,
Campurkan dashi, wijen, minyak wijen ke dalam nabe (panci)
Biarkan mendidih sekitar 5 menit
Lalu masukkan bahan-bahan diatas, sedikit-sedikit tetapi rata, semuanya ada
Sambil dibolak-balik. Kalau sudah masak bisa diangkat dan segera dimakan

Nabe enaknya dimakan beramai-ramai, disaat musim dingin.


Tempura

Tempura makanan yang sangat terkenal di Jepang. Dimanapun tempatnya mudah sekali dijumpai. Tempura bisa dibuat dari Udang, sayuran (terung, daun mint, buncis), ubi merah, kabucha (waluh), ikan dan masih banyak lagi. Cara bikinnya juga mudah, ini aku diajari oleh sensei volunter saat dirumahnya.

Bahan :
6 iris fillet ikan, udang atau lainnya

Tepung tempura 3 sendok
1 butir telur

Tepung panir secukupnya
Minyak

Cara :
Cuci bersih ikan atau bahan lainnya

Kocok telur, campur dengan tepung tempura
Masukkan seiris ikan dalam adonan tepung, gulingkan k
e dalam tepung panir hingga rata. Ulangi hingga semua ikan terbalut tepung
Panaskan minyak. Goreng, usahakan balutan ikan terendam dalam minyak. Balik. Setelah kuning angkat dan tiriskan.
Makannya d
engan soyu tempura.


Somen (Misoa)

Sekilas saat melihat mi yang dipakai untuk somen seperti lidi berukuran 10 cm-an.
Ternyata ini yang namanya mi yang bisa dimasak untuk somen.
Dapat resep dari mbak Emma, ini hasil percoaan pertama. Lumayan enak mbak, terima kasih resepnya.

Bahan :

Sebungkus mi kaku (mirip banget sama lidi)
Furikake
Soyu
Air untuk merebus

Cara :
Rebus mi dalam panci, setelah mendidih, aduk segera angkat.
Lalu siram dengan air es, sambil dipisahkan (dikopyok aja) biar tidak lengket.
Masukkan soyu, aduk rata.
Taburi furikake hingga rata
Letakkan di lemari es. Biarkan sampai benar-bena
r dingin. Karena somen sangat enak kalau dinikmati saat musim panas.


Udon

Udon merupakan salah satu makanan terkenal di Jepang. Terbuat dari terigu, berwarna putih, sekilas mirip dengan mi, namun bentuknya agak besar. Paling enak dimakan saat musim dingin dan dimakan saat masih panas.

Bahan :
1 bungkus mi udon
10 gram kombu
3 lembar nori (rumput laut) ukuran kecil
1 buah tempura udang
Bumbu siap pakai 1 bks kecil, atau kalau beli yang dalam bungkusan besar, cukup beri 1 sendok makan (atau dashi yang biasa dijual satu plastik), ati-ati harus waspada, jangan sampai yang ada poku/buta (babi) nya
10 gram daun bawang, iris kecil-kecil
1 sendok irisan jahe (seperti manisan jahe)

Cara :
Rebus 250 ml air, setelah mendidih masukkan mi udon
Masukkan bumbu, kemudian kombu
Biarkan mendidih sekitar 3 menit
Angkat, letakkan dalam cawan
Letakkan daun bawang, nori, irisan jahe dan tempura udang diatasnya.
Segera sajikan.

Nb '
Pakai tempura sayur, tempura ikan juga enak.
Bisa juga pakai telur. Saat baru dimasukkan ke dalam cawan, masukkan telur mentah kedalamnya, aduk hingga rata. Siap disajikan. Enak dimakan saat masih panas, kalau sudah dingin lain rasanya.

Nato
Merupakan hasil fermentasi dari kedelai. Makanan ini sangat kaya akan protein. Bagus untuk perkembangan anak-anak. Biasa didapatkan di semua supermarket atau kombini di seluruh wilayah Jepang. Biasanya dimakan bersama dengan soyu. Safa seneng banget sama nato. Cara bikinnya kurang tau nih. Siapa yang tau bikinnya bantu dunk ...? Oneghai shimasu...


Takoyaki

Merupakan salah satu makanan khas Jepang yang sangat terkenal. Membuatnya cukup menarik dan butuh kecekatan dan ketrampilan tangan. Agar tidak gosong dan rata matangnya, harus cepat-cepat membolak-balik saat masih didalam cetakan. Coba yuk...

Bahan :
Tako segar 200 gram , iris 1 cm
Mayonaise
Katsuosaribusi (tepung sari ikan di goreng tipis, seperti lembaran tipis bening), susah menggambarkannya
Saus khusus takoyaki
Tepung khusus untuk takoyaki 250 gram
Kobis 2 lembar, cuci, iris lembut & pendek
Telur 1 butir
Seikat daun bawang iris 0.5 cm, cuci bersih
Minyak goreng
Tusuk Sate untuk membalik agar membentuk bulatan

Cara :
Kocok telur hingga rata, masukkan tepung, cacahan kobis. Campur hingga rata.
Cetakan Takoyaki lumuri dengan minyak secukupnya. Panaskan diatas api sedang.
Masukkan adonan tepung ke dalam cetakan hingga penuh, hingga semua sudah terisi adonan.
Letakkan 1 irisan tako dan irisan daun bawang diatas adonan dalam cetakan.
Setelah pinggirnya terasa matang, balik dengan cepat agar bisa berbentuk bulat
Bolak-balik hingga matang
Setelah matang, letakkan diatas piring. Segera taburi dengan saos takoyaki dan katsuosaribusi
Atasnya diberi mayonaise secukupnya.
Sajikan saat masih hangat, agar rasanya semakin nikmat.

Retasumaki

Bahan :
Nasi sepiring kecil, jangan terlalu lunak
4 Lembar nori/rumput laut ukuran besar
Satu buah curry/ketimun Jepang ukuran sedang, belah menjadi 4 bagian
Kani (kepiting)
Daun Salada
Mayonaise
2 butir telur, didadar agar tebal, lalu iris memanjang menjadi 4 bagian
Vinegar
Gula 1 sdm

Cara :
Vinegar dan gula direbus sampai mendidih, dinginkan.
Nasi yang sudah dingin, campur dengan vinegar yang sudah dicampur dengan gula.
Letakkan Nori diatas rajutan bambu, untuk mempermudah mengulungnya
Diatas nori beri nasi secukupnya sampai terisi penuh, tekan agar padat
Diatas nasi taruh daun selada, curry, kani, irisan telur dadar, lalu beri mayonaise
Gulung perlahan dengan sedikit di tekan
Iris, sesuai dengan selera
Bisa disajikan kapan saja. Lebih cepat lebih baik.


Nikujaga

Istilah nikujaga diambil dari bahan masakan yang dibuat. Niku berarti daging, jaga berarti kentang, merupakan kependekan jagaimu.


Bahan :
5 butir kentang (jagaimu), kupas, cuci bersih.
Tiap kentang belah jadi 4 bagian
2 buah wortel belah dua, potong2 2 cm
Daging Sapi iris tipis (niku)
3 buah bawang bombai, potong menjadi 8 potong tiap buah
Kacang polong 2 sdm
Katsuodasi (Sari ikan) 1 sdm
Soyu 1 sdm
Air 300 ml

Cara :
Rebus irisan daging sapi dengan air dalam panci hingga empuk/lunak
Masukkan kentang, bila sudah hampir masak, masukkan wortel
Setelah hampir lunak masukkan kacang polong, bawang bombai, sari ikan dan soyu

Tutup panci, biarkan mendidih sekitar 5 menit. Agar aromanya terasa
Angkat. Sajikan saat hangat.


Pan

Ternyata disini juga di jumpai okashi yang kalau di Indonesia bernama Jipang. Di Jepang makanan ini dikenal dengan nama Pan. Pan terbuat dari beras. Rasa bisa bervariasi. Ada rasa manis, gurih dan sedikit pedas.

Hayoo, siapa yang tau cara bikinnya....? Ngeri mendengarnya, pakai alat seperti petasan, bunyinya memekakkan telinga. Beli aja deh, murah dan enak kok...bisa jadi obat kangen....


Oseng Kombu Teri

Kombu atau sejenis rumput laut, banyak sekali di jumpai di Jepang.










Ternyata tidak hanya untuk makanan sejenis sup/misoshiro. Dengan sedikit sentuhan bumbu Indonesia kita bisa masak, disesuaikan dengan lidah kita orang Indonesi
a.











Bahan :

Satu bungkus kombu, bisa yang berbentuk irisan panjang tipis, seperti mi. Bisa juga yang masih berbentuk lembaran tipis.
Teri 150 gram, cuci bersih, tiriskan
Bisa juga ditambah tahu pong (tanpa isi) iris tipis
Minyak goreng untuk menumis. Aku biasa menumis dengan olive oil/minyak zaitun

Bumbu :
3 siung bawang putih, iris halus
1/2 biji bawang bombai, iris halus
1 sendok soyu

Cara :
Tumis Bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombai.
Setelah layu masukkan kombu, teri dan juga tahu
Masukkan soyu, aduk rata. Tidak perlu diberi garam, karena soyu sudah asin.
Setelah matang, angkat.
Enak dimakan dengan nasi yang masih hangat.


Goya

Makanan ini sekilas terlihat sebagai hiasan. Terdapat beraneka ragam bentuk, warna dan ukuran. Hanya di jumpai saat musim panas. Banyak sekali di jumpai di supa dan depato. Terbuat dari tepung gandum. Bikinnya belum bisa nih. Siapa yang bisa ...? ajarin dunk..

Goya

4 komentar:

Indah MS mengatakan...

Hallo Anisa

salam perkenalan .. saya bernama Indah..
saya tertarik dgn sajian makanan jepang . Oiya kalo punya resep semua makanan dgn NORI.. boleh dong di posting.. soalnya saya suka banget dgn rumput laut itu ( Nori) dah.. ya

Boleh tanya yg lain engga ya..
Gimana rasanya tinggal di Jepang ?

ren-ichiban mengatakan...

assalamualikum....

mbak gmn cara y bikin dashi, kadang smwa bahan y susah bgt di dapat d jogja...
ada kemungkinan gak, bahan2 yg emang khas jepang di ganti dgn bumbu dr indonesia :d

Anisa mengatakan...

Mbak Indah :
hai juga mbak..salam kenal balik.
Insyaallah nanti saya posting lagi mbak, sering2 mampir ya..
Btw mbak Indah dimana ini ?

Tinggal di Jepang...biasa mbak lama2, cuma susah cari makanan halal.

Ren-Ichiban : Waalaikumsalam
mau bikin dashi sendiri ? bisa kok, dashi dibuat dari ikan teri dan kombu (semacam rumput laut) diblender ambil sarinya saja.
Bisa saja kok mbak, dicoba saja, entar kalau dah nyoba kasih tau aku ya, entar tak contek ganti.

Just a Nice Friend mengatakan...

Kalo perlu bahan makanan, kami ada loo.. terimakasih.