Rabu, Juli 11, 2007

Cah Brokoli Rolade Ayam

Penasaran dengan rolade yang sedang ramai dibikin teman2, Teh Shantie, Mbak Shinta, Mbak Miming. AKhirnya kelar juga...dan jadinya banyak banget. Pertama aku bikin nyontek resepnya mbak Shinta dan hasilnya ...tralala...Safa suka banget. Makasih untuk idenya ya teman2 semua.

Rolade Ayam

Bahan:
400 gr ayam cincang
2 lembar roti tawar buang kulitnya, siram dengan susu cair secukupnya
4 siung bawang merah (kebetulan kalau musim panas gini ada dijual di supermarket)
6 siung bawang putih
2 butir telur dikocok
Merica bubuk dan garam secukupnya
5 butir telur untuk kulit
Aluminium foil secukupnya.

Cara :
Haluskan bawang putih dan bawang merah.
Campurkan bumbu halus dengan ayam cincang, roti tawar, telur kocok, merica dan garam. Aduk rata.
Buat kulitnya. Dadar telur tipis-tipis pada fry pan.
Ambil selembar kulit, letakkan 3-4 sdm adonan ayam
Gulung sambil sedikit ditekan agar padat, kemudian bungkus dengan aluminium foil.
Lakukan terus sampai adonan habis.
Kukus selama 20 menit lalu dinginkan, baru bisa diiris.
Sisa rolade yang belum terpakai, masukkan ke dalam frezer. Tinggal manasin saja kalau mau pake sewaktu2.

Cah Brokoli Rolade

Bahan :
1 bongkol brokoli
2 roll rolade ayam
1 bungkus jamur
300 ml kaldu ayam (aku pake air rebusan ayam yang kedua, rebusan ayam pertama aku buang)
1 buah tomat, potong sesuai selera
Daun salam (aku gak pake, lagi kosong)
3 siung bawang merah, diiris
3 siung bawang putih, diiris
2 sdm minyak goreng
Sedikit merica
Gula dan garam secukupnya.

Cara :
Potong dan bersihkan brokoli, rendam dengan air garam (biar kotoran yang ada didalamnya keluar, apalagi kalau ada ulatnya...pasti keluar).
Rolade diiris sesuai selera.
Tumis bawang putih dan bawang merah sampai wangi, tambahkan merica, kaldu dan biarkan hingga mendidih.
Masukkan irisan rolade, jamur dan brokoli. Tambahkan gula dan garam, aduk-aduk sebentar.
Terakhir masukkan potongan tomat dan siap dihidangkan.

Bener kata mbak Shinta, ini sudah sepaket antara sayuran dan lauknya.Praktis bukan.
Makasih ya mbak Shinta idenya.

7 komentar:

Shinta mengatakan...

Senang deh kalo Safa juga suka rolade. Bener mbak Nisa, masakan 1 paket gini praktis. Buat variasi menu, lumayan kan?!
Alhamdulillah... ide-ku bermanfaat.

angin-berbisik mengatakan...

wah roladeee...ga ku...ku....mbakku ini emang yahud...istri dan ibu yang baik :P

Nunung mengatakan...

boleh juga tuh mbak Anisa ..rolade nya, mau dong....

Isha mengatakan...

udah masuk dapur lagi ya mbak, enak bgd tuh keliatannya :))

wita mengatakan...

ide bagus nih, looks yummy..

ro-c mengatakan...

kunjungan wiken nih...huwaaaa yg punya dapur dah balik nih. Rajin euy...Abis rolade trus apalagi neh?

iTa PusPiTasAri mengatakan...

aduuh ibuuuk!! bikin ngiler aja tuh masakan jepangnya .. :P