Kamis, Juli 26, 2007

Chawan Musi


Makanan ini menjadi makanan favorit keluarga setelah kami bermukim di perantauan. Selain bergizi, rasanya juga sesuai dengan lidah kami dan gampang bikinnya. Jum at minggu lalu, sensei bahasa ngajarin kami (saya bersama teman mbak Rosdiana, dari Makassar).

Bahan :
2 biji telur,
1 pak jamur shitake, potong menjadi 4 bagian
1 sdm dashi (sari ikan), kalau gak ada bisa diganti dengan teri yang dihaluskan
Ginna (semacam kacang kedelai, tapi agak besar)
1/2 bongkol brokoli,
Kamaboko (terbuat dari tepung berwarna merah muda dan putih) potong sesuai bahan lainnya
4 cangkir air putih
250 gram udang, bersihkan
1 biji wortel, kupas, potong tipis
1 sdm soyu
150 gram ayam, potong kotak2/sesuai selera
Siapkan cawan dan aluminium foil secukupnya

Cara :
Cuci wortel, ginna, jamur, ayam, udang dan brokoli
Rebus wortel hingga setengah masak,
Telur, dashi, garam, kocok hingga rata, masukkan air dan kocok hingga tercampur
Masukkan masing2 bahan ke dalam cawan, secara rata
Masukkan kocokan telur diatas ke dalam masing2 cawan, kira2 3/4 cawan
Tutup dengan aluminium foil
Tata chawan ke dalam panci yang sudah mendidih
Kukus selama kurang lebih 20 menit
Angkat dan segera sajikan

Diatasnya bisa diberi mitsuba (daun seperti seledri)

Setelah masak langsung kita makan bersama2 disaat masih hangat. Alhamdulillah mbak Rosdiana sekeluarga juga suka. Dan Safa dan bapaknya pun habis banyak.

6 komentar:

Fitta Arsista mengatakan...

klo dikukus2 gini bisa nih dicoba,klo dipanggang...gak bisaaa ovennya rusak..nanya dung..sari ikan itu beli atau ada jualannya?trus kamadoku itu bentuknya kayak tepung terbuat dr apa...hehheheh biar jelas..minggu mo hunting ke supermarketnya khusus jepang ah buat nyari..penasaran.com..kayaknya enak ya nis...lenggangnya abisss...

Fitta Arsista mengatakan...

halahhh salah euy..maksudnya sari ikan itu bikin sendiri apa beli hehhehe

Isha mengatakan...

wow, keliatan enak bgd nih mbak, sehat lagi ^_^

wita mengatakan...

samaaaa aku suka banget makan cawan musi, murmer banget, isinya bisa apa aja... wow...jadi pengen nyoba deh....thanks idenya ya...

Nia mengatakan...

Ini favoritnya Rayna, mbak. Mo nyoba ah resepnya///

Nien mengatakan...

Wah cawanMus..mbak nien ngak pernah bisa yg atu ni..iihh bikin ngiler.Pamit dulu ya Mbak