Rabu, April 23, 2008

Terang Bulan/Martabak Manis

Sudah berkali2 bikin terang bulan, tapi kok ya ngiler ya, setelah mampir dapurnya mbak Miming. Bisa cuantik dan tebel gitu. Penasaran, akhirnya kucoba resepnya dan jadilah seperti dibawah.

Terang Bulan

Berhubung aku gak punya cetakan khusus tuk bikin kue ini, aku pake wajan teflon biasa dan hasilnya, lumayan cantik.






Terang bulan dengan berbagai rasa


Resep by mbak Miming

Bahan A:
400 gr tepung terigu (aku pake 500 gram terigu)
100 gr tepung self-raising (aku gak pake)
150 gr gula pasir
4 btr telur (buang putihnya 1 butir telur)
675 cc air (aku pake 450 cc air, 225 cc susu segar)
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1 sdt vanili (Lagi gak ada, aku pake penguat rasa nangka)
1/2 sdt sepuhan kuning bila dirasa perlu
Aku pake 1/2 bungkus ragi (kira2 5 gram)

Bahan B:
1/8 sdt baking soda
1 sdm air
campur dan aduk rata kedua bahan diatas

Cara Buatnya:
Campur kedua tepung, baking soda, baking powder, sisihkan
Larutkan ragi dengan sedikit air hangat
Kocok telur, gula, hingga gula larut dan tercampur rata, gak perlu sampai mengembang
Masukkan air dan susu sambil terus dikocok hingga benar2 berbusa
Tambahkan tepung sedikit demi sedikit, kocok terus kurleb 10 menit
Masukkan penguat rasa nangka, garam, ragi, sepuhan kuning, aduk rata
Tutup adonan dengan wraper
Diamkan adonan minimal 2 jam (semakin lama semakin cantik jadinya...)
Panaskan wajan hingga bener2 panas
Sementara sambil nunggu wajan panas, masukkan bahan B, aduk2 kembali adonan
Setelah panasnya merata, olesi wajan dengan mentega, beri sedikit tepung, usapnkan ke seluruh wajan, bersihkan
Tuang adonan secukupnya,
Setelah permukaan adonan berlubang semua, kecilkan api, lalu tutup
Panggang hingga matang
Angkat martabak dari wajan, olesi martabak dengan mentega,
Beri isian sesuai selera, tuangi susu kental manis
Lipat dua martabak, olesi tiap sisinya dg margarin
Potong2 dan siap untuk segera disajikan bersama teh anget...

Adonan ini menjadi 5 lembar terang bulan. Alhamdulillah setelah percobaan pertama sukses, menyusul percobaan kedua yang bikin ketagihan. lumayan bisa buat bento suami ke kampus.

6 komentar:

Retno Prihadana mengatakan...

Waah..dah lama nggak bikin ini, nyomot disini aja ah. Aku bilangnya ini martabak manis :)

Anisa mengatakan...

iya nih mbak ayo bikin... iya mbak,kalau di daerahku suroboyoan sana biasa nyebut terang bulan. apapun namanya yg penting semua seneng ya.

ira i mengatakan...

aseeeeek, ada resep martabak, kapan2 mau nyontek ya mbak....

Anisa mengatakan...

boleh mbak ira, monggo. mudah2an suka

husnul mengatakan...

mba, minta resep martabak manisnya...matur nuwun

Anisa mengatakan...

mbak Husnul : monggo, silahkan dicoba, mudah2an suka