Jumat, Mei 30, 2008

Tiramisu

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga bisa bikin tiramisu sendiri. Dari dulu dah pingin banget, tapi niat doank, gak ada realisasi. Akhirnya beberapa waktu lalu, dengan bimbingan suhu Ima (arigatou gozaimashita) jadi deh tiramisu yang uenak... bikin kita semua jatuh cintrong.
Dan semuapun ketagihan.


Tiramisu

resep by Liza (temen dari Italia)

Bahan Untuk Sponge cake nya :
3 biji telur
100 gram gula
90 gram terigu (klo ini tergantung jenis/merk tepungnya, bisa juga pake 100 gram)
garam 1 sdt

Cara bikin sponge cake :

A. kocok 3 kuning telur dan gula sampai larut dan mengental
B. kocok 3 putih telur dan garam sampai putih berbusa/kalau di balik tempatnya telur gak jatuh
kemudian adonan A dan B dicampur, aduk pelan dengan spatula, sambil ditambahkan tepung terigu
Aduk hingga rata dan tidak ada gumpalan tepung
tuang dalam loyang yang sudah diolesi mentega, panggang hingga matang

Bila pengocokan bahan dilakukan dengan benar, akan didapatkan cake yang bener-bener nendang, saat cake di pencet, cake akan segera kembali dan bener2 pas (istilah jawanya mendul2 kayak kasur gitu...). Bener2 memuaskan hasilnya.


Bahan buat bikin creamenya :

150 gram cream cheese
100 gram mascarpone cheese / fresh cheese (biar gak nggumpal, fresh cheese letakkan dalam suhu ruang)
3 biji telur
70 gram gula
50 cc milk cream 50 cc
coklat buat taburan, secukupnya
kopi buat mengoles, secukupnya (larutkan kopi dengan air hangat)


Bikin creamnya :
A. kocok 3 kuning telur dan gula hingga bener mengental
B. kocok 3 putih telur sampe kaku/dibalik gak jatuh
adonan A dan B disatukan kemudian di kocok dengan cream cheese, fresh cheese, cream milk sampai larut semua. taruh di kulkas sampai 30 menit (atau sampe sedikit kaku, aku kuinapkan semalam... habis gak sempat tuk melanjutkan prosesnya)

Penyelesaian :

Potong cake tipis2
Oleskan cream diatas cake, lalu ambil satu iris cake lagi oleskan kopi diseluruh permukaan
Letakkan cake diatas cake yang sudah diolesi cream, dengan asumsi yang ada kopinya dibawah
Lakukan hingga habis dengan urutan selang seling seperti gambar
Paling atas beri craam agak tebal dan parutkan coklat batangan diatasnya
Masukkan dalam kulkas kurleb 1 jam atau lebih enak dan serasa maknyus bila dimakan saat dingin.

ehm... alhamdulillah akhirnya aku bisa. Thanks ya tante Ima, barokallah ilmunya.

4 komentar:

Ryuta Ando mengatakan...

Enak nih...Safa mau donk Tiramisunya.

dwiwoelan mengatakan...

Mau donk Tiramisu nya..pa kabar Mbak?

Midha Mulyaningrum mengatakan...

Bu, sepertinya enak sekali tiramusinya.. ^_^
Oya bu, waktu buat krimnya, telurnya g dimasak gitu apa g bau amis..? Pengen bikin juga kapan2...

anisa mengatakan...

mバkAy : iya, enak tante . Ryuta mau ya...main2 yuk ke Saga tak bikinin yg banyak

Dwi woelan ; boleh2, silahkan cicip
Midha : bener, enyak, ehehhehee. enyak.. enggak amis kok, asal ngocoknya bener2 sampe kental.
Silahkan dicoba