Rabu, Mei 07, 2008

Pizza

Sudah lama banget gak bikin pizza, kangen makan tuh kayaknya si sulungku. Belakangan ini Safa sering reques minta dibikinin pizza. Cuman kok rasanya berat banget mau mulai ngoven2. Akhirnya kok yo gak tega dengan rengekan Safa dengan nada memelas... mama mau pizza, mama pizza tabetai... mama no pizza oishii yoo...onegaishimasu... sambil ngomongnya pake manggut2 gitu.
Yo wis nyerah deh... mumpung dik Rafif bobok, dengan penuh cinta kubuatkan onechannya pizza.

Sebelumnya aku sudah pernah bikin disini, cuma hasilnya masih belum memuaskan. Kalo dulu aku cuman mengabadikannya dalam hasil akhir, sekarang tak dokumentasikan per step. Kali ini aku coba resepnya temen2 yang pada ikut KBB (klub Berani Baking) lumayan lah sukses, kuenya pas banget. Aku masih belum berani ikut KBB nih, takut gak jadi/gak sempat/gak ada waktu ... hehehehe... maklum masih amatiran, nyontek resep dan dipraktekin sendiri deh. Dan ini aku coba ikutin petunjuknya step by step... (alah...kayak lagu saja...)

Ini nih hasilnya


Adonan sebelum dan sesudah didiamkan selama 1 jam, mengembang dan kalis.

Gak nyangka hasilnya jadi banyak banget... sampe jadi 3 loyang pizza (bukan eh..tuh loyang alas microwave sama oven, kebetulan ada 2) plus jadi 4 mini pizza (mau dibikin satu loyang lagi gak cukup sih, jadi donk yang kecil, lumayan Safa jadi tambah semangat nih maemnya, sementara si adik cuma bisa ngerasain baunya... sabar ya nak... akan kau dapatkan ASI rasa pizza.


Diisi dengan toping sesuai selera.

Aku isi pake kani (daging kepiting), mushrom, sosis, mini tomato, paprika dan tentunya keju.

saos aku pake pasta tomat plus sedikit merica

Sudah matang, siap santap. Dengan sambel tabasco dan taburan merica hitam.

Bahan2 yang dibutuhkan :
2 cup terigu (kurleb 350 gram)
1 bungkus ragi (aku pake fermipan)
1 sdt gula pasir (aku pake 1/2 sdt)
1/4 sdt garam
2 sdm olive oil (aku pake minyak sayur)

Larutkan ragi dan gula dengan 200 ml air hangat hingga betul2 larut/berbuih, diamkan sejenak, kurleb 10 menit
Campur tepung dan garam, lubangi tengahnya dan campurkan larutan ragi dan minyak
Campur hingga menjadi adonan, uleni kurleb 7 menit, hingga menjadi adonan yang kalis
Tutup wadah dengan plastik/serbet kurleb 1 jam dan biarkan adonan mengembang

Pukul adonan untuk mengeluarkan gelembung udara.
Ambil adonan secukupnya, gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm
Pindahkan ke loyang dan isi dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit atau sampe mateng. (suhunya aku pake suhu yang sudah tertera dalam oven, pilih yang khusus tuk buat pizza)

Alhamdulillah kali ini sukses dan lebih memuaskan hasilnya dari sebelumnya.
Dalam sekejab Safa dan bapaknya langsung abis 1 loyang. komentarnya pas rasa rotinya, isinya juga pas enaknya. Kata Safa.... nanti kalau sudah habis mama bikin lagi ya... dikasih salmon sama sosis yang banyak diatasnya. yaa... anakku dah bisa request macem2... Alhamdulillah

8 komentar:

Shinta mengatakan...

Ada pizza, mau dong sepotong.... :P

rita bellnad mengatakan...

mama no pizza oishii yoo... bener tuh oishi bener, pakek kepiting segala, aku belom pernah bikin pizza pakek kepiting/ rajungan pasti enak ya..

thanks ideanya

Bundakey mengatakan...

pizza nya enak banget dehhh ...nanti aku intip resepnya ya kalau udah siap mau mencoba ...

safa sama rafif juga pasti suka kan ... ???

pa kabar nis' ?

Vina Revi mengatakan...

huahaha, bacanya sih gampang. Tapi praktekinnya yang susah. Secara aku emang nggak terlalu gape di dapur. hiks hiks ...

ira i mengatakan...

hontou ni oishisou....mbak...mau 2 loyang !!!!! (duh nge-ces niy)

Midha Mulyaningrum mengatakan...

Assalamualaikum..
Salam kenal y Ibu (atau mb.. saya bingung manggilnya..hehehe)

Saya Midha, skrg sedang ada di Miyazaki.

Mau tanya soal terigu yang dipake buat Pizza ini. Di milis2 nulisnya kan terigu protein tinggi, klo disini itu terigu yang mana y..?
Pake tepung biasa yg bungkusnya kuning (フラワー) itu apa bisa..?

Terimakasih sebelumnya..

Midha Mulyaningrum mengatakan...

Wah.. terimakasih y Ibu atas pencerahannya...

Saya exchange student dari Unibraw Malang, sudah hampir pulang agustus nanti. Wah.. sayang baru kenal Ibu sekarang, saya bulan februari kemarin main k Saga.

Saya bener2 pemula untuk masak2, pas dateng tahun kemaren cm bisa masak mie instan sm air aja..huehehe.. Akhirnya krn terpaksa jadi blajar masak juga. Dan saya ternyata suka sekali masak.. menyenangkan..:)

Terimakasih banyak y Ibu, saya sering2 intip2 dapur ibu ya.. Biar cepet ketularan pinter masak. :)

Anisa mengatakan...

Mbak Shinta, mbak Rita, mbak Ay, mbak Vina, mbak Ira ayoo rame2 bikin pizza sendiri, dijamin puas dan murmer.

Midha : salam kenal juga, Mizayaki.. wah tetanggaan donk, main2 ya...
Untuk terigu bisa pake yg mana saja, yg warna kuning biasa saya pake.
Sama...saya juga pemula, karena disini semua jadi biasa, kalo dulu2 mah blas gak mau nyentuh dapur... enakan beli ehehhehee..
Sekarang kalo beli jadi pikir2,males baca2... banyak bahan yg gak bisa dimakan, jadilah masak sendiri.