Kamis, Juli 16, 2009

Sate Kambing Sambel bumbu Padang Ala dapursafa

Kenapa selalu pake ala dapursafa ? karena bumbunya menyesuaikan keadaan yang ada di dapur alias alakadarnya.


Sekedar koleksi resep masakan, siapa tahu nanti bisa saya pakai di kesempatan lain.
Kebetulan suami saya seneng banget maem sate, pas kemaren bikin sate, tiba-tiba saja pingin sambelnya berbeda. Saya coba browsing dan saya dapatkan resep seperti ini. (sumber dari Almarhum Teh Inong), barokallah ilmunya ya teh... mudah-mudahan ilmunya menjadi ladang amal jariyah.
Mencoba resep dari berbagai daerah di INdonesia....

Bahan sesuai dengan resep asli, hanya berapa banyaknya saya sesuaikan dengan selera penikmat dapur setia saya.

1/2 kg daging kambing, potong kotak memanjang, cuci bersih
Bawang putih
Bawang merah
Daun Kunyit,
Serei,
Merica,
Daun jeruk
Jinten
Laos
Cabe (saya tidak pake cabe, karena ada anak-anak, suami cukup saya tambahkan cabe seger di potong-potong)
Ketumbar
Jahe
Garam secukupnya
gula dan air secukupnya
Tepung beras secukupnya
Bawang goreng sebagai pelengkap

Cara :
Blender bawang putih , bawang merah, jahe, jinten, laos, merica, sereh, daun kunyit, garam, gula, rendam dalam bumbu kurang lebih 1 jam
Tambahkan air secukupnya (kurang lebih 3 gelas), rebus hingga daging lunak, kalau kurang bisa ditambahkan air lagi
Setelah daging lunak, angkat dan ambil dagingnya saja
Sisa air/bumbu kembali direbus bersama dengan tepung beras, campur dan rebus hingga kental
Kemudian tusuk daging hingga berbentuk sate
Panggang sebentar

Siap disajikan dnegan nasi hangat

Alhamdulillah bertambah koleksi masakanku.



Selamat menikmati....

Tidak ada komentar: