Minggu, Juli 19, 2009

Soup Tiram Misoshiru

Oishiisou.... mama tabetai... Begitulah celotehan anak perempuanku saat itu. Yang artinya kurang lebih kelihatannya enak, mama mau makan itu...


Soup ini sangatlah gampang dibuatnya. Sebenarnya untuk musim dingin cocok, tapi alpalah daya...yang penting anak-anakku lahab memakannya. Saat musim panas begini, sayalah mungkin orang yang paling malas untuk berlama-lama di dapur. Masakan yang saya sajikannya pun semuanya tergolong yang cepat-cepat dan sekali makan langsung habis. Kalau tidak begitu sayang, karena sedikit saja terlambat menyantabnya, makanan yang kita buat akan cepat basi.
Mup misosiru ini sangat terkenal di Jepang, namun sekali lagi kita juga harus jeli dalam segala hal, takut ada bahan-bahan yang tidak boleh dalam kandungan sup itu.
Di sekolah anak-anak juga sering mengkonsumsi misosiru, tentunya dengan ingredient yang berbeda dengan teman-temannya alias "spesial tidak pake sake, mirin ataupun alkohol".

Safa dan Rafif sangat suka akan misosiru, jadi menu ini bukanlah yang spesial ataupun istimewa bagi keluarga kami. Isinya pun juga tergantung selera, tidak terpacu pada tofu, kombu ataupun telur. Nah kali ini saya coba pakai tiram dan hasilnya alhamdulillah anak-anakku lahab memakannya dan sampai-sampai nambah lagi.

Soup Tiram Misosiru

Bahan :
8 biji tiram dalam ukuran besar (cari yang ada telurnya, biar anak-anak suka), cuci bersih
Daun bawang, iris tipis
Miso jepang/ taucho... sesuai selera
Kombu (sesuai selera)
Air secukupnya
Mini tomato (optional)

Rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu miso, aduk rata,
masukkan Tiram, hingga matang/lunak
Masukkan kombu, tunggu sebentar hingga mendidih
Matikan api, tuang ke dalam chawan, taburkan daun bawang dan mini tomato
Siap untuk disajikan.
Gampang kan...

Kalau saat musim dingin, sup ini enaknya dimakan saat masih panas-panas, sebaliknya kalau musim panas begini anak-anak lebih suka memakan disaat sup sudah dingin.

Tidak ada komentar: