Rabu, Desember 20, 2006

Bakso Ikan Tuna

Di luar huja deras, dingin banget jadi kepingin banget makan bakso. Mau makan bakso, gak ada yang jualan di depan rumah. Coba2 deh bongkar2 kulkas, lumayan ada ikan tuna segar. Coba deh bikin bakso ikan. Namun untuk bikin bakso ikan mesthi ekstra hati2, awas durinya.

Bahan :
400 gram ikan tuna, hancurkan sampai lembut
2 sdm katakuriko/ tepung kanji
1 sdm tepung Maizena
2 siung bawang putih, iris tipis, goreng hingga kering lalu haluskan
1/2 sdt merica bubuk
1 butir telur
garam secukupnya

Cara :
Campur ikan, katakuriko, maizena, telur, bawang putih, merica dan garam,
Aduk hingga rata
Banting2 adonan hingga kalis
Cetak dalam 2 sendok
Masukkan ke dalam air yang sudah mendidih
Angkat bakso kalau semuanya sudah mengapung diatas air.

Kuah :
2 siung bawang putih memarkan
1 ikat daun seledri
1/2 sdt merica bubuk
Air dan garam secukupnya
tumis bawang putih, setelah harum masukkan merica bubuk, aduk
Lalu masukkan air dan garam secukupnya
Setelah mendidih tuangkan ke dalam adonan bakso yang siap saji
Bubuhi bawang goreng diatasnya

Pada gambar aku letakkan otak otak tuna
adapun bahannya sama dengan bakso, cuma ditambah sedikit maizena dan aku bentuk memanjang lalu aku goreng hingga kering.

Alhamdulillah sore itu terobati sudah keinginan makan bakso... Safa dan bapaknya langsung habis masing2 1 cawan.

2 komentar:

rossy mengatakan...

Mbak...mau dong baksonya. kirim ke sini yah.
Salam kenal dari osaka.
Blognya tak link yah mbak. Salam buat Safa yah...

Anisa mengatakan...

Boleh...
Salam kenal balik dari Saga.
Boleh...kita tukeran link ya...biar sering main.
Salam juga buat Dita