Senin, Desember 01, 2008

Tempe Mendoan

Assalamu alaikum wr wb.

Gak terasa dah 2 bulan lebih gak ngisi koleksi hasil masakan ala dapursafa. Ehm... kangen banget.. selama ini kita masih asyik ngabisin bekal yang kami bawa dari Indonesia waktu mudik lebaran. Ada banyak sekali makanan yang kami bawa hehehehe.... ada beberapa makanan kering yang bisa kami jadikan lauk, seperti abon sapi, serundeng manis solo, kering tempe, beberapa ikan asin, kerecek (kulit sapi kering), berbagai macam kerupuk khas Indonesia, beberapa makanan laut kering yang masa kadaluwarsanya rata2 tak lebih dari 4 bulan. Lumayan, hampir dua koper berisi amunisi yang bisa mengobati kangen akan makanan Indonesia.Jadi tinggal masak sayurnya doank. Yah...dinikmati dulu lah. Juga sedikit bisa ngirit, hehehe... itung2 bisa ganti sebagian ongkos mudik yang lumayan menguras tabungan (kekekkeke... hitungan bener sih ibu ini...). Bener kan mas...? joudan bakari...heheheee.
Jelaslah, sekali mendayung 2, 3 pulau terlampau, sekali jalan bawa semua keperluan yang dibutuhkan.
Hehehhee.. kok jadi ngelantur nih ceritanya.

Yo wis lah. Mau melanjutkan perjalanan posting, mumpung anak2 pada asyik bermain berdua.
Ada resep baru yang telah saya coba dan hasilnya ehm... bikin nambah dan gak mau berhenti (suami dan Safa lho)....

Tempe Mendoan

Resep by ibu Budi (Juru masak Istana)

Menurut cerita ini tempe kesukaan bapak Presiden RI, Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono.


Bahan :
200 gram tempe, iris tipis
4 butir telur kampung ( saya pakai telur biasa)
7 siung bawang putih kecil (saya pake 4, ukuran sedang)
1 sdm ketumbar
Garam secukupnya
Kunyit, miri secukupnya
1 batang daun bawang, iris tipis
100 gram tepung beras

Cara:
Haluskan bawang putih, ketumbar, kunyit dan rendam tempe didalamnya, kurleb 15 menit
Campur tepung beras, miri yang sudah dihaluskan, 1 siung bawang putih yg telah dihaluskan, telur, garam dan daun bawang.Aduk pelan hingga rata.
Celup tempe dalam adonan, biarkan sejenak
Goreng tempe ke dalam minyak panas.
Balik bila sudah kuning kecoklatan.
Angkat dan tiriskan
Sajikan saat masih hangat.
Bisa dimakan begitu saja dengan cabe hijau, bisa juga sebagai lauk dengan nasi hangat.

Selamat menikmati


Wassalamu alaikum wr wb

2 komentar:

rosy mengatakan...

oo pantesan ga pernah updet hiiihiii..rupanya amunisinya belom abis2 tho...tak bantu ngabisin yuk mbak ^_^

anisa mengatakan...

Hehehehe..iya mbak.Boleh2..Kapan ya giliran main2 ke Saga entar tak bawain amunisinya. ^-^