Rabu, April 25, 2007

OSUSHI

Makanan ibi biasa kami santab disaat saya lagi males masak atau tidak ada ide untuk bergoyang di dapur..... Mudah dan cepat, enak lagi. Dan yang penting rasanya gak kalah dengan yang di beli di restoran susi di sini. hehehhee..iya donk...siapa dulu yang ngajarin hehehhe..

Bahan :
Nasi putih 2 piring / cukup untuk makan kami bertiga
50 gram rengkong (gak tau bahasa Indonesianya apa) itu putih yang bolong2 tengahnya
50 gram kedelai seger sudah di kupas
4 lonjor stik kani (kepiting)
2 butir telur
50 gram nori yang sudah diiris tipis
4 sdt vinegar bubuk

Cara :
Dinginkan nasi, masukkan vinegar bubuk, aduk rata
Rebus rengkong dan juga kedelai hingga matang, beri sedikit vinegar (cuka juga bisa)
Setelah matang, angkat, tiriskan
Kocok lepas telur, beri sedikit gula dan dadar,
Tiriskan, setelah dingin iris tipis
Potong serong stik kani

Setelah semuanya siap, masukkan sebagian rengkong, kedelai dan aduk rata dengan nasi
Taburkan telur yang sudah diiris, nori, rengkong, kedelai dan kani diatasnya
Siap untuk disajikan.

Safa seneng banget sama osushi, baru dibikin saja dah merengek mama tabetai tabetai..(mama mau makan..mau makan). Itukan, Safa langsung comot kani nya dulu...habis gitu sepiring osusi langsung ludes.
ALhamdulillah di rumah untuk urusan makan semuanya gampang, baik suami maupun anak semuanya makanan masuk, gak ada pantangan makan apa-apa, kecuali yang memang dilarang. Syukurlah gak bikin repot.

4 komentar:

Nunung mengatakan...

mbak Anisa ketoke osushine uenak banget yoo..., tapi bahannya susah dicari disini kali ya, yang bolong-bolong itu rasanya gimana ya mbak...pasti enak ki

Anisa mengatakan...

Rasa ya seperti makanan Jepang pada umumnya.
Untuk bahan kalau tidak ada rengkong atau nori gak pake juga gak papa kok mbak Nunung.
Rengkong rasanya gurih dan terasa dingin saat dimakan.

Shinta mengatakan...

Rengkong itu bahasa Indonesia-nya "akar teratai" mbak... Seingatku di Indonesia "akar teratai" belum populer sebagai makanan.

Anisa mengatakan...

gitu ya mbak Shinta.Makasih ya Infonya.Aku malah gak ngerti kalo di Indonesia ada ..hehehhee..